SEJARAH PERNIAGAAN

Perniagaan di Indonesia diawali dengan datangnya para pedagang dari arab , Persia , dan India sekitar abad ke-7 . pada saat itu para pedagang tersebut bukan hanya bertujuan untuk berniaga di Indonesia akan tetapi mereka juga turut berperan dalam penyebaran islam di Indonesia . walau lebih banyak berperan di sejarah masuknya islam di Indonesia , mereka juga turut dalam sejarah perkembangan perniagaan di Indonesia karena mereka saling melakukan transaksi jual beli dengan rakyat Indonesia mupun Negara lain.



Letak Indonesia yang menjadi persinggahan banyak kapal pedagang pada zaman dahulu membuat Indonesia mau tidak mau harus ikut dalam praktek perniagaan saat itu . pada saat itu , para pedagang Persia biasanya menjual barang – barang tekstil sepwerti emas , perak , dan perunggu selain itu para pedagang tersebut juga menjelajah Indonesia untuk membeli rempah – rempah yang nantinya akan dijual kembali dinegara yang rempah – rempah nya kurang.

Jadi dalam uraian diatas dapat disimpulkan bahwa perniagaan telah berkembang di Indonesia sejak lama bahkan sebelum dijajah oleh bangsa eropa .



By. Rizki al farabi

0 komentar:

Posting Komentar