peranan internet dalam bidang perbankan dan kesehatan

*peranan internet dalam bidang perbankan
Pesatnya perkembangan bisnis Internet Banking di Indonesia seakanke tidak mencerminkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sebenarnya. Kalau berbicara tentang teknologi, apa yang ramai di luar negeri, Indonesia pun dengan cepat mengadopsi dan mengikutinya. Ada kesan, apa yang dapat dilakukan sebuah bank, dengan gampang, bank lain pun segera menuju ke arah sana, bagaimanapun kondisinya. Aplikasi teknologi tinggal disesuaikan dengan fondasi yang ada dan besarnya potensi market masing-masing bank.
Di Indonesia saat ini dengan Internet Banking perlahan menggeser gaya perbankan yang konvensional yang melibatkan puluhan juta nasabah bank di negara ini. Bukan suatu yang mudah menggeser pola kebiasaan lama-cash and carry banking-atau old banking style ini ke new banking. Tapi nyatanya, perkembanganInternet Banking ini tidak perlu menunggu kesiapan nasabahnya. Siap tidak siap, industri perbankan terus maju. Padahal, kalau kita kembali ke teori ekonomi klasik, sebuah produsen (bank dalam hal ini) harus menciptakan produk yang sesuai dengan profil market. Kesiapan market menyerap produk atau fasilitas tersebut selalu menjadi critical point.
Kesimpulan dari uraian diatas adalah : pesatnya perkembangan internet pada zaman ini gaya internet banking mengalami kemajuan yang sangat pesat sekali . oleh karna itu , bank-bank diindonesia kini lebih mengandalkan system internet banking walau semua itu menguntungkan , imbas dari semua itu adalah merosotnya perkembangan gaya perbankan konvensional diindonesia .



*peranan internet dalam bidang kesehatan
diperkirakan setiap hari penggemar baru internet dapat mencapi jumlah ribuan, sehingga pada akhir tahun 2000 diharapakan tidak kurang dari 200.000.000 orang memanfaatkan internet. Pada saatnya nanti, prkatis saeluruh penduduk dunia akan memanfaatkan internet sebagaimana pesawat telpon sekarang.

Dengan adanya internet, dampak yang sudah mulai terasa adalah perubahan nilai-nilai hubungan sosial antar manusia. Melalui internet hubungan menjadi luas tanpa jarak, tanpa hambatan, tanpa sensor, tanpa memandang status sosial. Informasi, servis maupun segi-segi komersial dapat dicapai dari mana saja secara seimbang.

Dunia kedokteran tidak luput dari pengaruh perkembangan ini. Berbagai publikasi kini lebih mudah diperoleh, berbagai fasilitas pendidikan ataupun simulasi kedokteran sudah mulai bermunculan, baik untuk kalangan medis maupun khusus untuk pasien/orang awam. Dalam kurun tahun-tahun mendatang, pasti akan sebagai sarana sumber informasi, utnuk kepentingan pendidikan, ataupun untuk kepentingan pendidikan, ataupun untuk kepentingan pengobatan pasien.

Dengan adanya kemajuan ini, maka salah satu akibatnya adalah peranan dokter sebagai sumber informasi untuk pasien menjadi tidak dominan lagi, karena segala informasi tentang penyakit dan penatalaksanaannya dapat diperoleh secara jelas dan lengkap melalui internet oleh siapa saja. Dokter yang tidak siap menghadapi pasien yang kritis dan telah berbekal ilmu secara baik akan terancam kredibilitasnya, bagaikan seorang guru yang belum pernah ke Luar Negeri menghadapi seorang murid yang telah melanglang buana di manca Negara.



Kesimpulan dari uraian diatas adalah : internet dalam bidang kesehatan sangatlah berpengaruh , baik itu dampak positif maupun negative . untuk dampak positifnya adlah mudahnya meng akses info- info kesehatan dari berbagai situs namun itu berdampak negatif bagi dunia kaesehatan karna dapat menyebabkan ketidakpercayaan pasien terhadap dokter.

0 komentar:

Posting Komentar